Beranda | Hubungi Kami | Download | Tautan
    
Profil KPPN Yogyakarta

Tujuan dibentuknya KPPN Percontohan Yogyakarta yang merupakan bagian dari pelaksanaan reformasi birokrasi dan ujung tombak pelayanan publik yang dimiliki oleh Direktorat Jenderal Perbendaharaan adalah untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat khususnya terkait dengan pencairan dana APBN.

 

 

Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, KPPN Yogyakarta mengedepankan pelayanan prima kepada seluruh mitra kerja dengan tetap berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku dan berorientasi pada visi dan misi yang telah ditetapkan.

 

Pelayanan prima yang diberikan oleh KPPN Yogyakarta kepada seluruh mitra kerja sebagai implementasi reformasi birokrasi yang digulirkan oleh Menteri Keuangan khususnya berupa pelayanan prima dalam hal proses pencairan dana APBN secara cepat, tepat, akurat, transparan dan tanpa biaya.

 

Hal ini didukung oleh berbagai faktor antara lain recruitment sumber daya manusia pada KPPN Yogyakarta yang dilakukan melalui seleksi pegawai secara ketat dengan mempertimbangkan kualitas dan integritas, selain itu aspek tata laksana berupa prosedur kerja yang jelas, sederhana dan dapat dipertanggungjawabkan yang dipergunakan sebagai pedoman bagi setiap pegawai KPPN Yogyakarta untuk melaksanakan tugasnya serta yang tidak kalah penting adalah dukungan teknologi informasi dalam setiap proses penyelesaian pekerjaan di KPPN Yogyakarta.

 

Selain beberapa faktor di atas, keberhasilan KPPN Yogyakarta dalam mewujudkan pelayanan prima tentunya juga tak lepas dari dukungan semua pihak yang terlibat di dalamnya terutama segenap pimpinan, staf dan juga mitra kerja KPPN Yogyakarta

 

 

KONDISI GEOGRAFIS

 

 

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Yogyakarta menempati Gedung D di Gedung Keuangan Negara, yang beralamat di Jalan Kusumanegara nomor 11 Yogyakarta. Di sebelah selatan, berhadapan langsung dengan Taman Makam Pahlawan Kusumanegara, sebelah utara berdekatan dengan Stadion Mandala Krida, sebelah Timur merupakan pertokoan, sedangkan sebelah baratnya merupakan gedung perkantoran.

 

Letak Kota Yogyakarta terbentang antara 110o 2419 sampai 110o 28 53 Bujur Timur dan 7o 15 24 sampai 7o 4926 Lintang Selatan dan secara garis besar merupakan dataran rendah dengan ketinggian rata-rata 114 m diatas permukaan laut  di mana dari barat ke timur relatif datar dan dari utara ke selatan memiliki kemiringan ± 1 derajat.

 

Lokasi KPPN Yogyakarta mudah dijangkau oleh masyarakat dari segala penjuru Yogyakarta, karena berada ditengah kota dan dilalui oleh kendaraan umum, khususnya trans Jogja.

 

WILAYAH KERJA

 

Wilayah Kerja KPPN Yogyakarta meliputi Instansi Pemerintah seluruh Kementerian Lembaga Departemen/Non Departemen yang terletak di Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul dengan melayani sebanyak 331 satuan kerja.

 

SARANA DAN PRASARANA

 

Sarana dan prasarana sangat penting peranannya untuk menunjang kelancaran operasionalisasi perkantoran terutama bagi perkantoran yang bergerak dalam bidang layanan publik. KPPN Yogyakarta sebgai instansi pemerintah yang bergerak dalam bidang layanan publik memiliki sarana dan prasarana yang cukup memadai walaupun masih perlu adanya penambahan maupun perbaikan dalam upaya mewujudkan pelayanan yang prima.

 

Sarana dan prasarana yang dimiliki oleh KPPN Yogyakarta antara lain meliputi :

 

1.  Gedung Kantor

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Yogyakarta menempati 3 lantai di Gedung D, Gedung Keuangan Negara Yogyakarta dengan luas bangunan seluas 3.381 m2.

 

2.  Ruang Kerja

Ruang kerja yang ada terdiri dari :

a. Ruang Kepala Kantor

b. Ruang Seksi Pencairan Dana

c. Ruang Seksi Bank

d. Ruang Seksi Manajemen Satker dan Kepatuhan Internal

e. Ruang Seksi Verifikasi dan Akuntansi

f. Ruang Sub Bagian Umum

 

3.  Ruang Pelayanan

Secara umum ruang pelayanan sudah cukup memadai untuk kenyamanan pelayanan terhadap mitra kerja. Ruang Pelayanan terdiri dari :

a.  Loket Front Office

b.  Ruang Tunggu ber-AC

c.  Fasilitas yang berada di ruang tunggu antara lain:

●   Bagan Prosedur Pelayanan

●   Struktur Organisasi

●  Banner yang berisi petunjuk mekanisme pencairan dana dan rekonsiliasi

●   Brosur

●   Papan Info

●   Kotak Saran

●   LCD untuk menayangkan monitoring penyelesaian SP2D

●   Televisi dengan jaringan TV Cable

●   Surat kabar

●   Dispenser

 

d.  Fasilitas Penunjang Pelayanan

●   Aula

●   Ruang Rapat

●  Jaringan Telepon

●   Lahan parkir yang luas

●   Musholla

●   Kantin

●   Klinik dokter

●   Pos Keamanan

●   Toilet

●   Dapur

●   Taman (GKN)

 

INOVASI/PENINGKATAN PELAYANAN

 

Inovasi yang dilakukan oleh KPPN Yogyakarta untuk meningkatkan fasilitas pelayanan antara lain dengan pemasangan jaringan televisi kabel, pembuatan website KPPN Yogyakarta, banner yang berisi petunjuk mekanisme pencairan dana dan rekonsiliasi, dan lain-lain.

 

 

 

 



Dibaca: 6871 kali.